Menimba Ilmu di Bulan Ramadhan

Hadir Sebagai Inspirasi

Humas Matsapro-. MTsN 1 Probolinggo mengadakan kegiatan Pondok Ramadhan yang dilaksanakan selama 4 hari, yaitu pada hari Rabu, Kamis, Minggu, dan Senin. 

Kegiatan Pondok Ramadhan ini di awali dengan shalat dhuha bersama lalu di lanjut dengan tadarus Al-Qur'an dengan kelompok dan pendampingnya masing-masing.


Rabu 13 Maret 2024 dan Ahad 17 Maret 2024

Materi tentang Shalat dan Praktiknya, para siswa dan siswi diajarkan bagaimana tata cara shalat dan bacaan shalat yang benar, tujuan dari materi ini agar siswa dan siswi mengenal shalat dengan baik dan benar dan juga mampu melaksanakan shalat sesuai tuntunan Rasulullah Saw.

Kamis, 14 Maret 2024

Materi tentang Wudhu dan Praktiknya, berwudhu merupakan salah satu cara untuk bersuci dari hadast besar maupun hadast kecil sebelum mengerjakan shalat wajib maupun shalat sunnah. Maka dari itu siswa dan siswi mempelajari bagaimana supaya dapat berwudhu dengan benar. Karena, jika wudhu saja tidak baik dan benar, maka shalatnya pun tidak akan sah.

Senin, 18 Maret 2024

Materi tentang Haid. Para siswi mempelajari materi haid tersebut karena terkait dengan syarat sahnya shalat, dimana seseorang harus dalam keadaan suci dari hadast kecil dan hadast besar. Karena terdapat kaitannya dengan shalat, maka wajib bagi seorang wanita mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan haid.



Dari kegiatan Pondok Ramadhan yang dilaksanakan di MTsN 1 Probolinggo ini kita bisa mengetahui bahwa, apa yang dilakukan di bulan Ramadhan ini bukan hanya untuk mengisi waktu kosong sambil menunggu waktu berbuka puasa. Pondok Ramadhan ini bertujuan menanamkan pemahaman untuk memperbanyak ibadah di bulan suci Ramadhan sehingga bisa menambah ilmu, meningkatkan iman dan taqwa, serta mendekatkan diri kepada Allat SWT.

Penulis: Annisa Fira 

#KementerianSemuaAgama
#KemenagKabProbolinggo
#MTsN1Probolinggo