Siswa MTsN 1 Probolinggo Jalani Imunisasi Cegah Virus Difteri

 HadirSebagaiInspirasi

Penulis           : Tiara Mezaluna (8A)

Fotografer      : Mega Puspita Nur Aliyah (8B), Nur Azizah Aprilia (9A)

Editor             : Jessenia (8A)


Matsapro-Selasa, (13/02/2024)  Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Probolinggo melaksanakan  Imunisasi difteri oleh Petugas Kesehatan Puskesmas Paiton pada siswa- siswi MTsN 1 Probolinggo dalam rangka melindungi dari virus.

Sebagai langkah untuk mencegah maraknya penyakit yang terjaadi pada masyarakat, terutama anak serta remaja yang sangat rawan terkena pernyakit difteri.

Adanya pelaksanaan Imunisasi difteri ini untuk mencegah tubuh dari bakteri mulai dari usia 13 sampai 15 tahun.

Perlu diketahui, penyakit difteri merupakan penyakit yang disebabkan bakteri Corynebacterium Diphtheriae. Difteri mudah menular, menyerang terutama saluran napas bagian atas, dengan gejala demam tinggi, pembengkakan amandel (tonsil) dan terlihat saluran putih kotor yang makin lama makin membesar dan dapat menutup jalan napas. Racun difteri dapat merusak otot jantung, berakibat gagal jantung. Penularan bakteri difteri umumnya melalui udara (batuk/bersin). Selain itu, bakteri Difteri dapat menular melalui benda atau makanan yang terkontaminasi.

 

Pelaksananaan Imunisasi difteri yang pertama ini dilaksanakan  tanggal 11 desember 2023 dan pelaksanaan Imunisasi difteri yang kedua tanggal 13 februari 2024.Di MTsN 1 Probolinggo, Imunisasi difteri dilaksanakan oleh seluruh peserta didik, dimulai dari kelas 7 A-H setelah itu dilanjut dengan kelas 8 A-I, dan 9 A-H baik kampus 1 dan 2.

Ibu Nurul Isnaini, S.Pd  selaku pembina UKS/M juga mengungkapkan, “Semoga dengan pelaksanaan imunisasi ini seluruh siswa-siswi MTsN 1 Probolinggo bisa  terhindar dari penyakit defteri yang menurut Saya sangat bahaya. Mencegah lebih baik dari mengobati,” pungkasnya.

#KementerianSemuaAgama

#KemenagKabProbolinggo

#MTsN1Probolinggo