Pembinaan Standarisasi Tilawati Bacaan AL-Qur'an

    Humas Matsapro-Guna meningkatkan kualitas metode tilawati guru Al-quran, MTsN 1 Probolinggo menggelar standarisasi tilawati dengan diawali level satu dan level dua di Aula, Ahad (21/1/2024)

     Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Probolinggo Bapak Mudakkir, S.Pd, MM memaparkan program tersebut sengaja digelar untuk meningkatkan kualitas bacaan dan teknis pengajaran Al-Quran. “Semoga Allah SWT senantiasa memberi kekuatan dan kemampuan dalam mengembangkan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing secara nasional dan selalu mengharap ridha –Nya, “ Pungkasnya. 

     Sementara itu, Koordinator Tahsin Ustad Maqbul Hidayat menjelaskan tujuan diadakannya metode tilawati dengan lagu rost sebagai upgrading pembelajaran guru-guru MTsN 1 Probolinggo supaya lebih fokus dalam mengajar disetiap kelompok binaanya. Ia menerangkan, diklat yang dilaksanakan ini dalam upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM) guru-guru yang menjadi pengajar Al-Qur’an.

 Untuk diklat level satu diikuti 39 guru yang belum mengenal tata cara mengajarkan metode tilawati, sebab walaupun bisa membaca Al-Qur’an, belum tentu bisa mengajar tilawati kalau tidak mengetahui caranya. “Adapun yang diajarkan dalam diklat level satu tesebut mulai hal yang kecil hingga level 5, termasuk nada dasar rost,” terangnya.

    Ustad Maqbul Hidayat berharap, MTsN 1 Probolinggo termasuk madrasah yang bisa mencetak siswa-siswi membaca Al-Qura’an dengan baik dan benar.Dan bisa menjadi percontohan dari pelaksanaan pembelajaran metode tilawaiti sesuai dengan terjet waktu, kualitasnya juga hebat.(Msh)