Tumbuhkan Kemandirian, MTsN 1 Probolinggo Gelar Perkemahan Giat Penggalang Berprestasi

(Humas Matsapro). Apel pembukaan perkemahan Giat Penggalang Berprestasi digelar di bumi perkemahan, halaman MTsN 1 Probolinggo, Selasa, 19/12/2023. Dengan mengenakan atribut lengkap pramuka, sebanyak 377 peserta mengikuti apel dengan khidmat. Selama dua hari, mulai tanggal 19-20 Desember 2023, peserta didik kelas VII, VIII dan IX mengikuti perkemahan dan didampingi oleh seluruh Bapak dan Ibu Guru secara penuh.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kak Tirnam, selaku Ketua Kwartir Cabang Kabupaten Probolinggo, sekaligus menyampaikan amanat tentang pentingnya kegiatan pramuka untuk membentuk karakter positif, meliputi tanggung jawab, mandiri, semangat, dan kompak,dll. "Melalui gerakan pramuka, semua karakter positif itu akan didapat. Lembaga pendidikan jika tidak ada pramuka, akan hambar.", tutur Kak Tirnam. Hadir turut mendampingi dan memberikan arahan Ketua Kwartir Kecamatan, Kak Bukhari beserta sekretaris, Kak Kholik.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala MTsN 1 Probolinggo, Mudakkir selaku Ketua Majelis Pembimbing Gugus (Kamabigus), menitip pesan kepada Ketua Kwarcab, selanjutnya Pramuka Pangkalan MTsN 1 Probolinggo diberi ruang untuk terus eksis, baik di tingkat Kecamatan, Kabupaten, bahkan hingga nasional. "Kami akan support kegiatan-kagiatan pramuka di semua tingkatan, untuk anak-anak didik kami", lanjut kepala madrasah 

Harapan kepala madrasah dan adanya kegiatan perkemahan yang menghadirkan ka.kwarcab dan ka.kwaran diapresiasi positif dan akan ditindaklanjuti, tentu harus didukung seluruh pihak, guru, siswa, dan stakeholder di madrasah.

Rangkaian kegiatan perkemahan yang diikuti oleh siswa-siswi MTsN 1 Probolinggo meliputi apel pembukaan, pendirian tenda, ubudiyah, class meeting, outbond, dapur umum PMR, Diklat Dasar dan Menengah PMR, mini pentas seni dan Upacara Api Unggun. Beberapa acara tersebut pada dasarnya bertujuan sebagai penguatan materi pokok yaitu keagamaan, Pemantapan Materi Kepramukaan, Pemantapan Materi PMR, dan kesenian.

Kegiatan perkemahan yang digelar dengan menghadirkan ketua kwaran dan ketua kwarcab ini dimaksudkan untuk meningkatkan eksistensi pramuka pangkalan MTsN 1 Probolinggo di berbagai tingkatan. Di samping itu, menanamkan kecintaan terhadap ketahanan nasional yang sekarang ini dirasakan sudah mulai tergeser oleh budaya luar yang semakin mempengaruhi generasi muda Indonesia. Hal tersebut sejalan dengan penerapan program kerja Gerakan Pramuka Gugus Depan, yang merupakan pengamalan atas apa yang tertuang dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. Selain itu, juga pengamalan atas kecintaan Tanah Air Indonesia. 

Di sisi lain, pembinaan yang diselenggarakan oleh gerakan pramuka merupakan pendidikan nonformal yang dilakukan dalam bentuk kegiatan menarik di kalangan anak dan pemuda dengan tanggung jawab dan pengawasan penuh dari para pembina pramuka.