Tuturan Asing, Gaya Bahasa Eksentrik Ibu Ana Yuda dalam Mengisi Amanat Apel


(Humas Matsapro) Apel Senin, 20 November 2023 terasa istimewa. Ibu Ana Yudha, S.PdI, M.Pd, selaku pembina apel sekaligus guru mata pelajaran Bahasa Inggris, menyampaikan amanat pembina apel dalam Bahasa Inggris. Sontak saja, siswa-siswi peserta apel tampak antusias menyimak.

Peserta apel diminta memilih bahasa apa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari dan bahasa apa yang ingin dijadikan target untuk dikuasai. Beberapa siswa memilih Bahasa Inggris dan Bahasa Arab. Ibu Ana Yudha memberikan tips untuk mempelajari sebuah bahasa, yaitu yang pertama adalah fokus pada bahasa yang dipelajari. Sedangkan yang kedua adalah mempraktikkan bahasa tersebut. 

Mempraktikkan bahasa yang ingin dipelajari bisa dilakukan dengan mencari teman yang dapat diajak berbicara langsung. Jika tidak bisa menemukan teman tersebut di sekitar kita, maka kita dapat menemukannya melalui media sosial, akan lebih bagus apabila bisa berteman dengan orang asing yang menggunakan bahasa tersebut dalam kesehariannya. Cara paling sederhana dan praktis untuk mempraktikkan yaitu dengan berbicara pada diri sendiri atau berbicara dalam hati dalam setiap aktivitas harian kita.

Aktivitas menggunakan bahasa asing tentunya mengasah kemampuan peserta didik untuk menguasai banyak kosakata dan memilihnya secara tepat untuk membuat kalimat. Logikanya akan terasah dan ia akan tertantang untuk bereksperimen dengan kata-kata yang dia kuasai untuk membuat kalimat. Kemampuan verbal ini dapat dijadikan modal untuk berkarya, misalnya untuk menulis atau public speaking.